Traveling to Bangkok (chiangrai-bangkok)By Bus 16 Hours

Menyempatkan waktu
Menjelajahi sudut kota chiang rai dua hari cukup,setidaknya keinginan saya kesampaian melihat kota itu dari dekat, anggaplah mimpi jadi kenyataan…pernah menginjakkan kaki di salah satu kota mawar kembar di wilayah utara thailand.
Terkagum melihat langsung kemegahaan white temple yang terkenal sejagat dunia backpacker..kota kecil yang cukup bersahabat dan low budget itu yang paling penting bagi para backpacker.
Meninggalkan chiang rai tentu punya kesan dan punya cerita tersendiri dalam petualangan saya…
Dari kota.. ini saya akan turun ke ibukota thailand, bangkok lewat jalur darat.
Perjalanan dengan bus dari Chiang Rai-Bangkok lumayan lama.
Harga tiket bus mulai dari 558 hingga 608 Baht.
Beruntung saat itu saya dapat ticket Bus 450 Baht.
Waktu keberangkatan bus dari Chiang-Rai Bangkok adalah 15:30 dan 18:30; kedatangan di Bangkok pukul 4.30 pagi dan 6.30 pagi. Biasanya Perjalanan bus standar dari Chiang Rai ke Bangkok memakan waktu sekitar 12 hingga 14 jam.
Saya naik bus jam 15:30 biar hemat di akomodasi dengan estimasi tiba pagi di bangkok ternyata molor sampai jam 8 pagi karna beberapa kali pemeriksaan di jalan.
Bus dari Chiang Rai ke Bangkok tiba di terminal bus Morchit Bangkok, Chatuchak, Bangkok.
Terminal bus Morchit di Bangkok terletak di sebelah utara pusat kota, dekat Pasar Chatuchak.
Dari terminal ini saya naik uber gojek ke hostel saya,niatnya hemat ternyata nyasar kemana2 soalnya tukang ojeknya tidak tau jalan apalagi saya…duuhhh parah banget mutar2 hampir 2 jam..mau marah ngak tegah..dari ujung ke ujung, masuk lorong keluar lorong, sampai masuk kantor polisi hanya untuk bertanya alamat jalan hostel saya..pagi itu rasa lapar dan ngantuk mendadak hilang…kessal campur aduk tapi perjalanan jauh benar2 mengajari saya arti kesabaran tampa batas.
Tentang Bangkok
Sebenarnya ini perjalanan ke dua kalinya ke bangkok.Tahun 2016 pertamakali menginjakkan kaki di kota bangkok,saat itu cross via boarder dari cambodia hanya saja,saya lebih banyak waktu di phuket saat itu.
Siapa yang tidak kenal
Bangkok, kota yang sangat familiar,selain karna ibukota Thailand, Bangkok kota besar yang terkenal dengan kuil-kuil yang penuh hiasan dan kehidupan jalanan yang semarak. Sungai Chao Phraya yang dipenuhi perahu memberi makan jaringan kanal-kanal, mengalir melewati distrik kerajaan Rattanakosin, rumah bagi Grand Palace yang mewah dan Kuil Wat Phra Kaew yang sakral. Terdekat adalah Kuil Wat Pho dengan Buddha berbaring yang besar dan, di pantai yang berlawanan, Kuil Wat Arun dengan langkah-langkahnya yang curam dan puncak menara bergaya Khamer.Wat Arun terletak di tepi barat Sungai Chao Phraya, di seberang Grand Palace. Dengan desain arsitekturnya benar-benar unik dibandingkan dengan kuil-kuil lain di ibukota Thailand. Puncak menara yang duduk langsung di tepi sungai ditutupi dari atas ke bawah dengan potongan-potongan kecil gelas berwarna-warni dan porselen Cina.
Meskipun dinamai Kuil Fajar, wat Arun paling baik di malam hari ketika dinyalakan karena memancarkan sinar keemasan di atas Sungai Chao Phraya.
Khao San Road – rumah bagi backpacker, pesta malam noktah.
barat bertemu timur.
Kawasan Paling terkenal dengan pemandangan kehidupan malamnya yang dipuji dan suasananya yang riang, tempat pertemuan backpacker dari seluruh dunia menikmati suasana hiruk pikuk dunia malam di bangkok.
Khao san road juga merupakan hotspot akomodasi bagi banyak orang karena berbagai macam jenis akomodasi murah dapat ditemukan di sekitar Jalan Khao San. Ketika matahari terbenam, jalan berubah dengan cepat: bar jalanan keliling muncul di mana-mana menjual ember ramuan koktail “mematikan” sementara bar dan klub berbaris di jalan dari atas ke bawah.
Di bangkok sebenarnya untuk istirahaat menunggu penerbangan kembali ke Indonesia tapi karna ticket selalu mahal, akhirnya saya mengubah rencana sepertinya saya harus menempu perjalanan darat kembali ke kuala lumpur malaysia.Dengan rute Naik bus sampai di krabai, dari krabi lanjut ke hatyai, darisana saya akan lanjut ke kuala lumpur.
Tapi ticket Bus juga selalu mahal ke krabi 1,200-1,500 THB
saya harus menunggu 4 hari di bangkok.Selama di kota itu hanya mutar2,lebih banyak istirahaat di hostel, terakhir sempat mengunjungi kebun binatang di pinggiran kota bangkok.”Dusit zoo”Kebun Binatang Dusit, atau ‘Khao Din’, adalah taman hewan yang berfungsi penuh dengan fasilitas seperti rumah sakit hewan, museum kebun binatang dan pusat pendidikan, kereta tamasya, tempat kegiatan, dan kantin. Ini menampung sekitar 1.600 hewan domestik dan internasional, termasuk rusa menggonggong albino dan harimau Bengal putih.Meliputi area seluas 188.800 meter persegi,Kebun Binatang Dusit adalah kebun binatang pertama di Thailand dan telah ada selama lebih dari 60 tahun. Terletak di tengah-tengah pusat administrasi Bangkok, dikelilingi oleh landmark-landmark penting seperti The Ananta Samakhom Throne Hall, Parlemen dan Istana Chitralada (kediaman resmi Raja Rama IX).Ticket masuk 150 bath .Di hari ke 4, waktu saya sudah tidak banyak harus keluar dari Thailand semakin was2 tak menentu, benar2 sudah putus asa,tiap hari browsing ticket siang dan malam, akhirnya tidak sia2, saya dapat ticket penerbangan ke krabi hanya Rp.185,000 saking senangnya, saya lupa kroscek tanggal flight, terjadilah drama ke ke airport Dong mueng,biasanya orang ketinggalan pesawat, ini bukan ketinggalan tapi kecepatan,sudah capek2 ke airport menunggu penerbangan ternyata jadwal flight saya besoknya..hahaha itu hal yang paling terkonyol….selama perjalanan saya.