Chiang Rai Kota Mawar Kembar Dari Utara Thailand

Setelah Masa volunteer selesai di chiang mai dalam hutan..hahaha tidak pernah membayangkan akan tinggal ditempat seperti itu,di negara orang tapi benar2 terjadi…berita bagusnya selesai dengan baik dan cukup berhasil di tantangan ini.. setelah kembali ke kota saya masih menghabiskan waktu 2 hari leyeh2..di kota chiang mai sebelum melanjutkan perjalan ke chiang rai.

Chiang Rai terletak di Thailand utara wilayah pengunungan dan merupakan kota perbatasan langsung dengan Laos dan Myanmar.
Kota kecil yang terkenal dengan Wat Phra Kaew kuil kerajaan yang pernah menampung giok Buddha Zamrud dan sekarang menampilkan replika. Di dekatnya, Navel City Pillar adalah monumen yang terbuat dari lebih dari 100 pilar gaya Khmer. Taman Seni dan Budaya Mae Fah Luang adalah museum yang menampilkan artefak Lanna.
Didirikan pada 1262 sebagai ibukota Dinasti Mengrai, setelah Chiang Saen, sampai hari ini kota ini masih mempertahankan identitas Lanna yang kuat, sebagian besar melalui koleksi kuil, seni, bahasa, masakan, dan musik yang mengesankan.meskipun kota ini cenderung sepi tapi tetap punya daya tarik tersendiri.
Sebenarnya menurut sejarahnya
Chiang Rai atau Kota Raja, duluhnya adalah ibukota pertama Kerajaan Lannathai. Tahun 1296, Mengrai memindahkan ibukota Lannathai ke Chiang Mai. Chiang Mai berarti Kota Baru. Karena keindahan kotanya.
Chiang Rai juga di juluki Mawar dari Utara, jadi chiang mai dan chiang rai adalah mawar kembar dari utara.
Tapi dari segi perkembangan chiang mai lebih maju.
Seberapa jauh dari Chiang Mai ke Chiang Rai?
Jarak antara kedua kota ini sebenarnya tidak terlalu jauh, sekitar 200 kilometer (125 mil), tetapi tidak ada jalan raya utama yang menghubungkan kota-kota itu.sebagian besar merupakan jalan jalur tunggal, sehingga sering terjebak macet di belakang truk berjalan melambat bermil-mil.Sehingga perjalanan sering memakan waktu lama.
Naik Bus dengan jalur darat dari Chiang Mai ke Chiang Rai adalah satu-satunya pilihan tepat karena tidak ada kereta.
Sebenarnya kedua kota ini memiliki bandara,tapi jarak antara chiangmai dan chiang rai terlalu pendek untuk melayani rute penerbangan.
Tarif harganya ticket bus juga cukup terjangkau dan Busnya juga rata2 nyaman.
Yang paling direkomendasikan adalah naik green Bus dan memang satu2nya perusahaan Bus yang melayani rute antar kota chiangmai dengan chiang rai.
Ticketnya bisa dibeli di agent yang tersebar di kota chiang mai itu langsung ke terminal
Pengalaman lebih murah on the spot.

Jadi langsung keterminal lebih murah.
Untuk jenis pilihan Bus tegantung kelas sesuai dengan budget.
mereka memiliki opsi berbeda dalam hal jenis bus mulai dari bus kelas biasa sampai yang berkelas.
Untuk jam keberangkatan.. setiap hari ada dari Chiang Mai ke Chiang Rai.
Bisa juga booking oline ticketnya di situs web 12Go.asia ini untuk yang punya waktu terbatas atau yang cocok untuk jeni traveler yang sering bikin itenary perjalanan yang teratur.
berhubung karna saya backpacker kere dadakan jadi opsi ini tidak berlaku bagi saya karna semua tergantung mood….
Saya hanya punya waktu 2 hari di chiang rai,karna ke chiang rai hanya ingin melihat langsung “white temple” yang terkenal seantero sejagat backpacker dunia itu…dari hostel naik grab bayar 25 THB beli ticket 185 THB langsung di terminal murah khan….di agent itu 250-400 THB.
Loket turist itu beda dengan lokal harga ticket sudah pasti beda….!
Karna saya naik bus kelas rakyat jelata jadi busnya yang biasa aja sudah terbiasa… bukan typical pemilih tapi entah kenapa masih jomblo…lebayy apa hubungannya…?? hahaha
Bus berangkat jam 9 pagi tiba di chiang mai jam 2 sore di sambut cuaca yang duilehhhh panas fulll..membakar kulit,tambah gosong.siang itu langit cerahhhh, awan tak terlihat sama sekali…cari angkot menuju kota chiang rai soalnya bus berenti di terminal pinggiran kota di chiang rai.
Di chiang rai ada 2 terminal yang satu pinggiran kota dan yang satu di dalam kota sedangkan bus antar kota naik dan turunnya di terminal pinggiran kota.terminal kota hanya melayani rute terdekat di provinsi chiang rai.
Tapi tidak usah kwatir angkot selalu standbye bayar 20 THB taxi sejenis tuktuk.

Hostel saya dekat dari terminal kota jadi gampang mencarinya.
Biasanya saya memang cari akomodasi disekitar daerah yang dekat dengan jalur transportasi umum,nanti jika sudah paham lokasinya baru pindah ketempat yang lebih sesuai hati.
Ini salah satu trik saya setiap kali bepergian ke tempat asing.
Menghindari namanya nyasar di negara orang…apa lagi saya selalu sendirian perginya…jadi harus bisa jaga diri…biar bisa jagain kamu juga… hey kamu kapan ikut aku…?hahaha.Jika di chiangmai tidak terlalu ramai ..di chiang rai lebih sepi lagi.. ngak sepi2 amat sich tapi cenderung lebih tenang,kulinernya juga tidak kalah enak dan banyak pilihan terus bonus murah meriah.. pokoknya bakalan makan teruss…

berkeliling di kota chiang rai pilihan tepat dan murah itu…Naik motor untuk Sewa motor, gampang syaratnya cukup deposit dengan1000 THB atau jaminan passport tapi lebih aman deposit uang.
Jangan sekali2 memberikan jaminan passport, kita tidak pernah tau hati orang. Jadi siapkan budget khusus. tenang pada saat pengembalian motor, uang juga kembali.
rata2 hostel menyediahkan rent bike 24 jam mulai dari 150-250 THB tergantung jenis motornya.

Kalau mau paket tour ada bertaburan dimana2…intinya uang..hahaha..
Karna saya solotrip jadi motoran lebih aseek tinggal aktifin gps pasang hp di depan berangkat….2-3 hari cukup untuk keliling chiang rai.
Saya di kota ini cuman 2 hari karna saya akan turun ke bangkok.
Cukup 2 hari yang penting kesampaian ke white temple dan blue temple lokasinya tidak terlalu jauh dari kota.
Jadi semua terjangkau..!

Traveling ke Chiang mai tampa berkunjung ke chiang rai tidak abdol…alias tidak sah…hahaha

Jadi prepare waktu ke chiang rai.. kota kecil tapi punya daya tarik sendiri…saya suka dengan kota ini.

Next story back to bangkok chiang rai-bangkok by Bus 24 jam..

See you in Bangkok….