Traveling as Volunteer Chiang mai Thailand

Tiga hari keliling kota chiang mai cukup membuat saya rilex.saya suka dengan kota itu nyaman dan tidak terlalu ramai meskipun kota terbesar ke dua di negara Thailand.
Chiang mai akan menjadi tempat terakhir untuk volunteering saya, karna sudah ada confirm dari host. Tapi waktu saya cek lokasinya alamakkk…. ternyata di dalam hutan….jauh dari kota mendadak dilematis…hampir saya batalkan tapi mengingat waktu saya masih banyak, akhirnya saya tetap confirm ke host dan memberitahukan jika saya sudah tiba di chiang mai,setelah itu host mengirim e-mail kembali pemberitahuaan ulang untuk prosedur selama tinggal di base camp,termasuk biaya dan kebutuhan selama disana. Di volunteer kali ini saya harus membayar 1,200 THB untuk masa 18 hari.
Ini adalah biaya untuk mengcover makan tiga kali sehari,setelah fix saya konfirmasi ulang ke host bahwa saya siap bergabung. setelah itu saya, di arahkan untuk berangkat pagi naik angkutan umum,nanti akan dijemput diperbatasan kota menuju lokasi.
Setelah semua siap, saya berangkat ke lokasi mencari angkutan umum,sesuai petunjuk, karna naik angkutan umum lebih murah hanya 25 THB dan untuk taxi 300 THB, jelas pilih yang murah..jadi saya ke pasar mencari angkutan umum,setelah mutar2 ketemu tempatnya, mau ngomong susah sama orang thailand jadi cuman kasih lihat peta sambil mengunakan bahasa tarzan, tunjuk peta dan setelah geleng2 kepala yang artinya “yes ok naiklah saya bersama orang2 lokal .
di angkutan umum,emak2 mencoba mengajak saya berbicara tapi saya cuman senyum.”only english” mereka mengira saya orang lokal euyy….perjalanan sekitar 50 menit dan akhirnya tiba diperbatasan kota.
turun dari mobil clengak clenguk. bingung dengan orang yang mau jemput..?mungkin karna saya lain dari yang lain ditempat itu jadi cepat dikenali,setelah itu tiba2 ada yang datang menyapa saya,” Jonas ” yes .
kami berkenalan, rupanya orang itu yang akan menjemput saya..kemudian saya diminta belanja keperluan pribadi selama disana karna lokasinya jauh dari kota.
Setelah semua beres kami berangkat sekitar 2 jam perjalanan, jarak dari kota ke lokasi itu beneran jauh,mobil masuk kampung keluar kampung makin lama makin jauh dari kota, dan akhirnya hanya bisa lihat hutan, karna lokasinya dalam hutan, di atas gunung lebih tepatnya wilayah
Elephant Jungle Sanctuary park, tempat karantina gajah dan wilayah hutan lindung kawasan chiang mai.
Sempat down saat mobil mulai masuk hutan tidak ada rumah2 penduduk kelihatan ,hanya hutan kiri kanan…ohh my god…saya kemana ini..”?
Tapi saya terus berpikir positif mudah2haan di base camp ada volunteers lain jika tidak, saya pasti merana, kesepian hahaha…belum sampai sudah terlintas kepikiran kabur “impossible” hutan dan jauh dari kota tidak ada kendaraan…bagaimna bisa kabur??
Tiba dilokasi benar2 dalam hutan.
Sedikit legah bengitu turun dari mobil disana sudah ada volunteers lain, bule 4 orang yang satu couple asal german yang 2 orang solo backpacker asal portugal,kamipun berkenalan akhirnya kecemasan saya buyar setidaknya saya tidak sendirian di tempat ini.
Saya di antar dan ditunjukkan kamar saya.
Jadi hari pertama itu kami hanya 5 orang, besoknya datang lagi 4 orang volunteers,asal crostia,german,swedia dan austria, akhirnya base camp jadi ramai dalam setiap minggu pasti ada yang datang terus secara continue jadi terakhir itu kami 16 orang cukup banyak.
Di hari terakhir saya disana datang lagi volunteers dari brazil dan prancis.
Saya Satu2nya orang asia di base camp itu.
Team saya ada 9 orang.
Volunteers.
Hampir setiap hari ada yang datang dan pergi,masa stay paling cepat itu 2 minggu.
bisa satu bulan atau lebih tergantung kesepakatan dengan host.
Saya hanya minta 18 hari karna saya akan terus ke chiang rai.
Jobnya tidak banyak,setiap hari hanya berkebun 3-4 jam sehari.

Kurang lebih sama Kerjaan dikampung, jadi tidak susah, terus istirahaat dan tidur, berikutnya,bantu orang lokal membangun rumah,bikin kolam renang,setiap pagi gantian masak, karna saya bangun selalu pagi.. jadi paling sering di dapur dan belajar masak ala thailand, cuci piring bareng2 ,terus ke konservasi karantina gajah.
setiap malam ngumpul berbagi cerita seruu… sebenarnya.
Terus di hari terakhir kami trekking ke puncak tertinggi di thailand namanya
“Doi Inthanon”
Tamasya dan Taman Nasional Chiang Mai.
Puncak tertinggi di Thailand.
tempatnya bagus banget..
Baca selengkapnya di….👇
https://ceritabackpacker.com/2019/06/09/chiang-mai-mawar-di-utara/
terus mengunjungi air terjun,mampir di rumah2 penduduk minum kopi,minum “happy water” sejenis alkohol lokal dari permentasi beras.

Karna pulangnya larut malam dan sedikit mabuk mobil kami hampir terjun ke jurang untung nyangkut di kayu besar bannya…. duhhhhh itu sedikit mengerikan mana ditengah hutan pulak,beruntung ada trek lewat jadi mobil di tarik pokoknya itu pengalaman ngeri2 sedap…untuk dikenang.
untung kami semua baik2 saja.Waktu Volunteer di chiang mai waktunya lebih banyak jalan.
Host kami sangat baik orangnya.
mungkin karna sesama orang asia jadi untuk urusan kerjaan saya lebih dipercaya jadi kordinator teman2 volunteers lain.
Setiap pagi saya dikasih list job harian,tinggal bagi tugas sama yang lain.
Bisa dibilang semua jam kerja dan jenis kerjaan saya yang tanggung jawab.
Setiap hari bengitu sampai jadwal volunteer saya selesai.
Jadi pada saat saya mau pulang dia masih minta ekstend satu minggu lagi dan tidak perlu bayar, tapi saya minta maaf tidak bisa, karna saya akan terus ke chiang rai.
bukan dia yang antar saya kembali ke kota, tapi dia minta orang lain…
Besoknya saya pamit dan diantar kembali ke kota kami sempat jalan2 di pasar lokal dulu,sebelum lanjut ke kota.
Setelah puas keliling di pasar lokal, dia mencarikan saya taxi sekalian di bayarin ongkos taxi.
Teman2 volunteers yang ikut mengantar saya kembali ke lokasi.

Base camp siap pulang ke kota

Host saya masih sempat kontak memastikan apakah saya sudah tiba di kota chiang mai.
Dia berpesan “anytime you come to thailand please tell me i will come to pick up you..we always welcome for you ..!!

Take care my friend”
Sedih gua….jadinya..!!

itu artinya aku berhasil……!!

Thank you so much Eco spicy villa …!!

Next story

Chiang Rai….!!