Traveling To Ha Giang Vietnam(Sa Pa- Ha Giang ) By Bus 8 haurs

Perjalanan saya ke Ha giang cukup dramatis…ticket yang saya beli di hostel tempat saya menginap, berangkat pagi ke Ha giang.
Saat tiba di terminal sapa, kanget bukan main setelah melihat mobilnya, bukan Bus tapi mini van, tidak hanya itu di atas mobil sudah penuh dengan tumpukan karung entah apa isinya, barang2 dagangan orang2 lokal, hanya terpaku berdiri, bingung campur kessal, mau marah,lemas tidak bisa berbuat apa2…pasrah karna saya sudah bayar ticket 250,000 vnd.
Sebelumnya diberi tau pihak hostel kalau mobil ke Ha giang itu bus besar.. kenyataannya duhhh…diterminal baru di beri tau kalau hanya mobil itu yang bisa ke Ha giang..my godnesss..!
Perjalanan akan memakan waktu 8 jam dengan naik kendaraan seperti itu ,entah apa yang akan terjadi dengan diri saya…”Demi Dewa saya tidak akan memaafkan orang di Hostel itu karna sudah membohongi saya “lagi2 saya tidak ada pilihan lain tidak mungkin saya cancel keberangkatan saya.
Akhirnya dengan lunglai,lemas saya naik dengan wajah kusam pengen telan orang bulat2 ..hahaha kessal banget pokoknya…ini perjalanan jauh akan melewati bukit, turun lembah, ala ninja hatori…apess banget ..harap2 cemas semoga saya tiba dengan selamat.
Jadi saya mintah kursi dekat jendela supaya bisa bernafas.
Membayangkannya sudah mau muntah duluan…tepat jam 7 mobil meninggalkan terminal sapa menuju Ha giang…sepanjang perjalanan saya tidak habis berpikir, itu orang jahat banget yaak pada hal orangnya ramah dan sempat mengantar saya ke terminal dengan mobilnya.
Di mobil itu hanya 3 orang turist.Dua orang turist aki2 dari australia dan saya sendirian .
Belum lagi Wangi farfum di mobil itu luar biasa anjayyy hahaha
Itu perjalanan benar2 paling terburuk selama di vietnam.
Mobil tiba di Ha giang jam 3 sore.

Legah rasanya ketika turun dari mobil itu, hanya sedikit oleng…!Ha giang kota yang sepi.
Salah satu provinsi di wilayah timur laut Vietnam,
Berbatasan langsung dengan china.
Untuk yang mau masuk ke china lewat jalur darat….nah ini tempatnya langsung terhubung dengan nanning china.
Ha giang terkenal dengan dataran karst yang tinggi, bukit-bukit terjal, jalan berliku dan keragaman etnis yang mendiami wilayah ini.
untuk yang suka hiking dan trekking wilayah ini sangat cocok.
Ha Giang mengalami dua musim utama: musim hujan dari April hingga Oktober dan musim kemarau dari November hingga Maret.
Ha Giang menawarkan perspektif yang berbeda pada waktu yang berbeda sepanjang tahun. Misalnya, jika datang antara Januari dan Maret, bukit dan gunung kembali hidup setelah tidur musim dingin. Bunga persik dan prem menambahkan titik-titik putih dan merah muda ke bukit-bukit hijau, akan terlihat indah saat itu.
Pada bulan April, ada perayaan “Khau Vai Love Market” acara khusus yang hanya terjadi setahun sekali. seluruh provinsi datang untuk menjual produk mereka dalam perayaan itu. Periksa kapan tepatnya karena tanggal yang tepat tergantung pada kalender bulan dan perubahan setiap tahun yang pasti di bulan april.
Dari Mei hingga Juli, petani turun ke sawah akan terlihat hijau saat itu.
Pada bulan September dan Oktober, waktunya panen, padi sudah matang di ladang dan hampir siap panen. Pada saat ini, sawah menguning dan menenun melalui pegunungan seperti pita emas.
November musim mekar gandum.
Inilah saat bunga-bunga kecil berwarna merah muda di ladang menciptakan kontras yang indah dengan pegunungan abu-abu dan hutan hijau di sekitarnya.
Di bulan ini masa paling bagus kesana.
akhir November hingga akhir tahun, ada kemungkinan turun salju.
pastikan untuk membawa jaket hangat, celana panjang, dan sepatu.
Cara murah dan nyaman untuk sampai ke Ha Giang adalah dengan naik bus malam dari Hanoi
Ticketnya termurah harganya dari $10- $15
Biasanya, bus malam akan tiba di Ha Giang sekitar pukul 4:30 pagi.penumpang bisa tidur di bus sampai pagi.
Bisa juga jika kamu ke sapa nanti naik bus dari sapa seperti saya cuman lagi2 tidak beruntung naik mini van yang penuh derita..hahaha
Bisa juga dengan Sepeda Motor dengan jarak 300 kilometer.
Ini untuk yang jiwanya tahan banting.
Tapi Berkeliling di Ha Giang dengan sepeda motor merupakan cara yang terbaik untuk menjelajahi pinggiran desa dan sawah di di ha giang.
Kota dan desa di Ha Giang dapat dicapai dengan bus. Tidak sulit menemukan bus antar kota atau ke pelosok misalnya ke Quan Ba, Yen Minh,
Dong Van atau Meo Vac, tergantung minat dan apa kamu ingin lihat dan lakukan selama di Ha giang.

Selamat Datang di Ha giang…!!