Ha Ging To Hanoi by Bus 16 Hours (sengsara membawa nikmat)

Setelah menempuh perjalanan melelahkan dari sapa yang menjengkelkan ,sepertinya kesialanku berlanjut, harus kembali berbesar hati karna saya datang di Ha giang di waktu yang tidak tepat, dan terlambat melihat fastival
“Khau Vai Love Market” yang diadakan hanya sekali setiap tahun.
perayaannya baru saja selesai.
lagi2 zonk….akhirnya saya hanya jalan2 sekitar kota Ha giang..yang dilanda kabut tebal.
Dari hari pertama sejak datang, hampir tidak bisa melihat situasi di sekitarnya.
Hari ke dua saya rent motor di hostel berharap di luar kota bisa menemukan sesuatu yang berbeda, tapi bengitu keluar dari kota Ha giang, naik gunung turun lembah,baru berapa kilo saya harus putar haluan “Demi dewa rasanya tak ingin mati konyol.. jalannya meliuk2 seperti ular,
Jurang kiri – Kanan, belum lagi terjal,salah sedikit bawah motor jurang menganga siap menampung diriku…. tidak hanya itu kabut tebal masalah besar, sepertinya resikonya lebih banyak ketimbang happynya, akhirnya saya tidak bisa meneruskan perjalanan dan memilih memutar balik motor kembali ke kota.
Yang saya heran jam 5 sore baru terlihat cerah
Jam segitu mau kemana…!!
Ini pelajaran datanglah ke Ha giang di musim yang bersahabat “baca di seri sebelumnya waktu terbaik mengunjungi Ha giang 👇
Saya tetap penasaran dengan wilayah itu mungkin suatu hari saya akan kembali ke Ha giang karna impian saya akan masuk ke china lewat wilayah ini.

Akhirnya saya memutuskan lebih awal pulang ke Hanoi karna percuma saya lama2 di Ha giang.
Drama kembali terjadi…
Awalnya sudah senang karna perjalanan dari Ha giang itu sekitar 10 jam berangkat jam 7 pagi estimasi tiba di Hanoi paling lambat jam 6 sore.
Busnya sangat bagus karna sleeper bus.

Hampir semua penumpang di Bus itu turist backpackers dari berbagai negara. kondisi bus full atas bawah.
Ditengah perjalanan, Bus yang kami tumpangi dihadang dijalan,rupanya entah bagaimana busnya nyerempet pengendara motor dan orangnya tidak terima.
Bus kami dilempari batu sehingga kaca depan pecah.
Terjadilah perkelahian tonjok menonjok antara kondektur dengan pengendara motor di jalanan.
Sudah dilerai sama orang2 disekitar situ, tapi bengitu bus siap berangkat si pengendara motor tadi mungkin sakit hati sekali, datang lagi di depan bus membawa batu besar siap dilemparkan ke bus,lanjut lagi aksi kejar-kejaran..berasa Nonton tom& jery siang itu..hahaha
Situasi semakin memanas semua penumpang dilarang turun dari bus, jadi kita hanya bisa melihat situasi dari jendela mobil, karna orang2 mulai berdatangan,tidak lama kemudian polisi patroli datang 2 mobil.
Tadinya saya pikir sudah selesai masalahnya ternyata berlanjut ke kantor polisi….karna si pengendara motor itu tidak mau damai dan dari pihak bus juga ngotot minta pertangung jawaban karna kaca bus pecah kena lemparan batu.
Bus akhirnya menuju kantor polisi…sampai disana prosesnya sangat lama.
Beberapa dari turist itu

sudah ngomel..yang saya pikirkan adalah jam berapa nanti bus tiba di hanoi?
Hampir tiga jam di kantor polisi, barulah bus di izinkan berangkat melanjutkan perjalanan.
Benar saja bus tiba di hanoi jam 9 malam.
Dan yang lebih mengecewakan lagi bus sudah tidak bisa masuk ke old quater.

beberapa dari penumpang ngambek tidak mau turun dari Bus karna tidak sesuai perjanjian,tapi supir bus juga sudah tidak mau mengantar. hampir lagi terjadi keributan,mesikipun akhirnya penumpang mengalah dan tetap sambungan lagi dengan taxi.
Benar2 pengalaman pahit.
Saya dan beberapa turist lainnya terpaksa share cost lagi naik taxi, karna semua satu arah ke old quarter.
Saya tiba di hostel jam 10 malam ,seharian tidak makan gara2 perjalanan lama dan bus kena kasus.
Langsung masuk kamar,baru mau tidur saya dibangunkan pindah kamar karna ada kesalahan reservasi,dari lantai 4 turun ke
Lantai 3 sumpah saya benar2 pasrah, mau komplain sudah tidak punya tenaga.
Besok paginya saya breakfast sekalian saya mau check out pindah hostel..karna lumayan mahal.
Dari managernya minta maaf pada saat saya mau bayar dia bilang “we are very sorry for you mr, so you needn’t need to pay, because my staff wrong reservation for your room”
Saya hanya melongo heran saya bilang “its ok no problem” tapi dia tidak mau terima pembayaran.
berarti gratis…dalam hati syukurr ternyata endingnya nikmat…hahaha
Lumayan hemat Rp.85 000 karna booking last minute.
Benar2 sengsara membawa Nikmat..

Welcome back to hanoi again…

Next story

Nightmare Bus Hanoi to luang prabang laos 29 jam…..guyz..terlama dan terberat…coming soon