Traveling to Sapa Vietnam (Hanoi -Sapa)By Bus 6 Hours

Di hari ke 5 di Hanoi saya memutuskan untuk membatalkan jadwal volunteer dan memilih berangkat ke sapa.
salah satu tempat yang paling saya ingin kunjungi di vietnam utara.
Untuk bisa sampai ke Sapa ada dua cara,dengan kereta Api dan Bus
Untuk kereta Perjalanan biasanya memakan waktu sekitar delapan jam ticketnya dari $ 18-$20, berangkat dari Hanoi dan hanya sampai Stasiun Kereta Lao Cai dari Lao Cai,sambungan lagi naik shuttle bus untuk mencapai Sapa.
Yang paling cepat itu adalah Dengan naik bus, dan waktu perjalanan juga lebih cepat hanya memakan waktu sekitar enam jam dari Hanoi. Karena terminalnya berada di pusat kota, tidak perlu pusing mencari bus antar-jemput.
Bus berangkat setiap hari dari Hanoi.tarif Bus tergantung busnya dan cara kita menawar ke agent.
Standar itu kisaran $15 -$18 karna saya nawar pake memelas jadi dapat harga $10 … hahaha
Ini trik paling ampuh jangan cepat menyerah.
Di Old Quarter itu setiap agent beda2, harga yang di tawarkan cukup bervariasi jadi tergantung kemahiran dalam tawar-menawar,dan mesti ekstra waktu cari yang murah.
Saya berangkat pagi dari hanoi jam 7 pagi, perjalanan melewati banyak jurang dan berkabut.
Sedikit mengecewakan karna harapan saya tidak bisa melihat pemandangan sepanjang perjalanan gagal total jadi lebih memilih tidur.Bus sampai di sapa sekitar jam 1 siang lama perjalanan 6 jam.
Bengitu turun dari Bus Langsung mencari hostel yang saya sudah booking sebelumnya.
Udaranya semakin menusuk tulang,sudah pake jacket tebal tapi tidak mempan. sampai di hostel langsung check in, mandi biar segar tidak mandi tambah dingin setelah selesai saya langsung keliling kota sapa yang kecil itu.
Sa Pa, adalah kota perbatasan dan sekaligus ibukota Distrik Sa Pa di Provinsi Lào Cai di barat laut Vietnam.
Salah satu kota pasar utama di wilayah utara.
Yang membuat sapa terkenal itu adalah etnis minoritas yang tinggal di sana seperti Hmong, Dao (Yao), Giáy, Pho Lu, dan Tay
Suku-suku pegunungan inilah yang memberi kota ini punya karakter dan nuansa yang unik.Tidak sulit menemukan mereka karna sudah membaur dengan masyarakat kebayankan di kota itu.
misalnya, di pasar kita akan melihat banyak penduduk setempat dari berbagai suku mengenakan pakaian tradisional dan menjual barang-barang kerajinan tangan mereka.
Di sapa untuk makanan termasuk lumayan paling mahal di vietnam.
Paling murah 100.000- 150.000 Dong 3 kali lipat dari harga2 makanan di kota vietnam lainnya.
Harus siap budget ekstra ke kota ini.
Karena lokasinya paling ujung di wilayah utara dan berada di dataran tinggi dikelilingi pengunungan, jadi tidak heran, cuaca di Sapa sangat berbeda dengan kota lain di vietnam, belum lagi musimnya tidak stabil selalu berubah setiap tahun.
Menurut penduduk setempat bulan Juli-Agustus, bagus tetapi saat itu musim hujan. Karena iklim, Sapa hanya mendapat satu kali panen padi dalam setahun.
Yang paling baik sebenarnya di bulan Oktober-November akhir musim, teras akan berubah menjadi cokelat keemasan waktunya untuk memanen padi.
Ini adalah saat yang tepat untuk mendapatkan foto-foto petani memanen ladang mereka.Jadi jangan datang ke sapa di musim yang tidak tepat. biar tidak kecewa.
Seperti saya…yang saya alamih.
Saya datang di waktu yang tidak tepat akhir april dan musim hujan dan berkabut setiap hari….tapi saya tetap suka sapa.Dan di saat saya mau berangkat ke Ha giang….guyz… mendadak cuaca cerah jadinya gigit jari..hik hik..Terlalu….!!Next storyDan Setelah ini perjalanan darat menuju Ha giang …yang penuh drama…menyebalkan…