Traveling to Hue vietnam( Hoi an To Hue )by Bus 6 Hours

Hoi an selain kota kecil tidak perlu lama2 di kota ini karna wilayahnya tidak terlalu luas,
2 hari cukup, tapi kalau mau bersantai kota tua ini masuk kategori nyaman, aman..dan murah cocok untuk budget beckpacker.

Setelah dua hari saya melanjutkan perjalanan ke kota Hue … ini sudah menuju ke utara kembali, saya naik bus langsung dari Hoi an berangkat jam 7 pagi, normalnya itu sebenarnya hanya 6 jam jadi estimasi tiba di Hue itu sore.
Tapi karna melewati terowongan yang lama dan macet akhirnya bus saya tiba di Hue sekitar jam 5 sore tapi lumayan tidak terlalu melelahkan karna sleeper bus.

Ada pengalaman tersendiri melewati terowongan yang panjang, pertama kalinya dalam hidup saya,ditengah perjalanan bus berenti,saya kanget terbangun ,mencoba mengingat, tadi berangkat cerah sepanjang jalan kok tiba2 mendadak gelap,lihat penumpang yang lain ke samping kanan dan melirik ke bawah semuanya tidur lelap,saya terbangun karna bus tidak bergerak dan kanget rasanya seperti bermimpi,mungkin karna masih stengah oleng efek ngantuk,kebingungan,coba melihat ke luar saya baru sadar, jika bus berada dalam terowongan, busnya berenti karna terowonngan itu kecil jadi kendaraan harus bergantian masuk.
Perjalanan masih sekitar 2 jam, saya sudah tidak bisa tidur lagi.
Bus tiba di Hue jam 5 sore lambat satu jam dari perkiraan.
Turun dari bus,saya langsung mencari hostel yang saya sudah booking sebelumnya.
Setelah berjalan kaki kurang lebih 25 menit ketemu tempatnya.
Langsung check in,di kota Hue saya tidak banyak waktu karna saya akan lanjut ke Hanoi.
2 hari di Hue hanya mutar2 sekitar kota Hue.
Hue merupakan salah satu kota besar di Vietnam bagian timur. Tepatnya di Provinsi Thua Thien-Hue.
kota ini merupakan ibu kota Dinasti Nguyến.
Paling dekat dari kota Da nang jarak tempu sekitar 4 jam.
Suasana kotanya
Mirip dengan kota Yogyakarta Di indonesia, kota kuno pada zaman kolonial. Hue dulunya merupakan ibu kota dinasti Nguyen selama ratusan tahun.
Mengunjungi kota ini serasa kembali ke abad 19.
Mungkin karna pergerakan pembangunannya sangat lamban sehingga kota ini tidak bengitu berkembang di vietnam tapi kaya akan sejarah di masa lalu.
Saya ke kota ini hanya untuk pemberhentian lebih tepatnya transit karna saya lebih fokus ke bagian utara. Di Hue jadwal saya hanya dua hari.
Hanya berkeliling sekitaran kota Hue.
Untuk yang suka sejarah kota ini cukup menarik hanya saja harus ke luar dari kota hue karna peninggalan sejarah itu kebanyakan dipinggiran kota Hue tapi bisa ambil paket tour sehari.

Di Hue itu kuburan dijadikan taman dan tempat orang2 istirahaat saat siang hari, karna sejuk dan adem tadinya saya pikir taman kota karna sangat bersih, cuman sedikit curiga dengan batu2 besar yang berjarak,bengitu santainya saya tiduran di batu nisan dibawah pohon yang rindang..
Karna cuaca panas sekali.
Tetapi tetap penasaran akhirnya saya tanya orang2 disitu dan mereka bilang bawah ini adalah kuburan massal pembantaian.”what…?? waduhhh….shock rasanya langsung pengen ambil langkah seribu kabur, tapi orang bilang tidak masalah taman ini memang untuk bersantai,amit2 nanti arwanya mengikuti saya…ngak lucu…hahaha tapi setelah itu saya langsung mencari cafe terdekat di sekitaran sungai terbesar di kota Hue. Namanya Sungai Parfum ini adalah sungai utama di kota Hue.

Dihubungan dengan jembatan terbesar di kota namanya Truong Tien Bridge jembatan ini lebih bagus saat malam hari karna bercahaya.

Kota hue sebenarnya bagus..di sebrang sungai ada pasar traditional yang cukup ramai.
Waktu saya di Hue hanya keliling kota makan,nongkrong di cafe benar2 santai….!!

Next story perjalanan jalur darat Hue to Hanoi By Bus 14 Hours