Traveling To Hanoi Vietnam (Hue to Hanoi )by Bus 16 haurs.

Setelah dua hari di kota Hue saya mencari bus tujuan Hanoi.
Hanoi adalah ibukota negara Vietnam kota yang paling ingin saya kunjungi di negara vietnam,kota yang posisinya berada di wilayah utara, saya harus menungguh 2 tahun untuk mewujudkan impian saya berkunjung ke hanoi.
Ticket pesawatnya yang selalu sangat mahal dari Indonesia ,kemudian waktu yang kurang tepat dan karna ikatan pekerjaan yang membuat saya sulit mewujudkan keinginan saya.
Ho chi minh city berada di wilayah selatan dan hanoi di wilayah utara, dua kota besar di vietnam yang jaraknya cukup berjahuan, tapi di tahun 2016 saya sudah mengunjungi ho chi minh city,sedangkan hanoi setelah long trip saya di tahun 2018.
Hanoi kota yang paling membuat saya penasaran.
Itulah kenapa saya relah dan mau menempuh perjalanan jarak jauh demi melihat langsung kota hanoi.
Dengan berada di kota Hue itu artinya saya semakin dekat, jarak tempu sekitar 16 jam.
Jaraknya sudah sangat dekat,mungkin karna saya menyukai perjalanan darat.
Setelah ticket bus saya beli di agent travel ,saya diberi tau bahwa bus akan berangkat sore dari Hue jam 3 sore. perkiraan tiba di Hanoi pagi dini hari.
Setelah itu saya lanjut jalan2 disekitaran kota Hue, hari terakhir, yang penting ticket bus sudah aman.
Keesokan harinya saya packing, waktu saya masih cukup banyak tetapi saya lebih menghabiskan waktu di hostel ngobrol tukar pengalaman,berbagi informasi bersama teman2 backpackers dari beberapa negara,ada yang dari utara menuju selatan, sementara saya akan ke utara.
Setelah check out saya langsung menuju agent tempat saya beli ticket bus menyimpan backpack saya dan mencari makan siang sekaligus beli cemilan bekal di perjalanan.
Salah satu cara hemat saat bepergian sendiri adalah berangkat pada malam hari jadi bisa hemat di akomodasi.
Saya kembali ke agent travel menunggu waktu berangkat,setelah di jemput saya di antar ke terminal tempat bus menunggu, sempat kanget karna saya di minta naik mini van..tapi saya diberi tau kalau sleeper bus dipinggir kota Hue jadi naik mobil kecil dulu pada hal saya sudah siap ngamuk…hahaha
Sekitar 30 menit kami turun dan berganti bus setelah naik bus saya baru legah.
Di bus itu campuran dengan lokal tapi 70 % turist hanya yang lanjut ke Hanoi cuman beberapa orang, karna beberapa dari mereka akan singgah di kota lain.
Bus jarak jauh di vietnam itu rata2 sleeper bus jadi nyaman bisa tidur.
Sepanjang perjalanan hanya satu kali perhentian istirahaat makan malam, selanjutnya bus tidak pernah berenti lagi.
Bus saya tiba di hanoi jam 5 pagi
Dari kota panas ke kota dingin, hanoi termasuk kota vietnam yang memiliki 4 musim karna paling dekat dengan china.
Dan saya datang di musim dingin,bengitu turun dari Bus di sambut hujan rintik2 duuhhh…mana kotanya masih sepi banget tapi di jalan sudah terlihat orang mulai beraktivitas jualan,jadi saya tidak takut jalan menuju hostel yang saya sudah booking di sekitaran old quarter kawasan backpackers dari seluruh dunia.
Dari jam lima saya jalan kaki ketemu hostelnya jam 7 pagi ….hahaha
Luar biasa,saya ampir 2 jam jalan kaki mutar2 mencari hostel di kawasan Old quater …untung saya bawah jacket tebal, tapi mungkin karna jalan kaki jadi suhu udara dingin tidak terasa hanya sedikit basah karna gerimis sepanjang jalan.
Setelah ketemu hostelnya saya masuk tapi belum bisa check in,saya datang lebih awal dan di minta pihak hostel harus menunggu sampai jam 12 baru bisa check in ,tapi hostelnya bolehin titip backpack dulu.
Setelah backpack saya titip saya keluar mencari sarapan….rasanya tidak percaya pagi itu saya benar2 sudah di Hanoi, kota yang paling saya impikan.
Benar2 kota yang sejuk,kota tua,dan terlihat kuno tapi menarik
Sebuah kota yang eksotis, tidak menampilkan kemewahan, terlihat sarat dengan nilai sejarah.mungkin hal inilah yang menjadikannya menarik bagi para pelancong dari berbagai negara.
kota Hanoi salah satu kota destinasi wisata di Vietnam yang populer.
Salah satu distrik yang terkenal adalah Distrik Hoan Kiem. Distrik ini dibatasi tanggul Sungai Merah di sebelah timur, jalur rel di sebelah utara dan barat, dan batas selatannya ditandai dengan jalan Nguyen Du, Le Van Huu, dan Han Thuyen. Nama distrik ini mengambil nama dari sebuah danau yang kini menjadi sebuah identitas Vietnam, yakni Danau Hoan Kiem.
Suasana Danau Hoan Kiem yang dipenuhi lampion ā€“ lampion di malam hari

Bukan vietnam kalau tidak padat dengan kendaraan dan bunyi klakson yang cukup nyaring ,hampir disetiap sudut kota. banyaknya pengendara sepeda motor yang mengisi jalan ā€“ jalan dalam aktivitas masyarakat kota tersebut, sebuah pemandangan yang mengingatkan saya tentang Ibu kota negara Indonesia jakarta, kurang lebih sama. Di kota ini tidak sulit menemukan berbagai jajanan kuliner yang banyak tersedia di setiap sudut kota.
Itulah Hanoi dengan ciri khasnya….

Welcome to Hanoi….

Saya memiliki cukup banyak waktu di kota ini..

Cerita dan keseruan di Hanoi, lalu perjalanan ke sapa dan Ha Giang.

Next story yang pasti seruuu….