Traveling to Hoi an Vietnam

Setelah masa volunteer saya di kota Da nang selesai dengan durasi 16 hari,saya melanjutkan perjalanan ke Hoi an letaknya sebenarnya dekat sekitar 50 menit dari kota Da nang, tapi posisinya itu kita turun kembali ke selatan, sedangkan harusnya saya bergerak ke utara tapi karna berdasarkan info dan review dari teman2 beckpackers Hoi an wajib dikunjungi dan memang masuk daftar list kunjungan saya sebelumnya, akhirnya sayapun mengubah rute turun lagi ke Hoi an.
Dari Hoi an nanti saya langsung terus naik ke Kota Hue..
Sekilas tentang kota Hoi an:
Hoi An adalah kota salah satu kota tertua yang ada di Vietnam, berada tepatnya bagian sebelah selatan kota Da Nang.
Kota tua sekaligus termasuk dalam daftar situs warisan UNESCO …
Hoi An adalah sebuah kota di pantai tengah Vietnam yang terkenal dengan Kota Kuno yang sangat terpelihara dengan baik, dipenuhi kanal. Dengan Sejarah melting-pot bekas kota pelabuhan tercermin dalam arsitekturnya, perpaduan era dan gaya dari ruko dan kuil Cina dari kayu hingga bangunan kolonial Prancis yang berwarna-warni, rumah tabung berornamen Vietnam dan Jembatan Tertutup Jepang yang ikonik dengan pagoda-nya.
Ini yang membuat saya tertarik mengunjungi kota itu…kapan lagi saya ke vietnam .

Saya harus pagi2 ke hoian mengingat saya punya waktu hanya dua hari saja disana,saya minta pamit sama host dan teman2 volunteers yang masih lanjut volunteering di da nang backpackers hostel.
Sebelum berpisah saya mengucapkan banyak terima kasih ke host saya, orangnya sangat baik sebenarnya dia minta ekstend satu minggu lagi karna pengganti saya belum datang tapi saya sudah punya jadwal sendiri, saya minta maaf dan dia cukup mengerti, kami berpelukan sebagai tanda perpisahaan “anytime you can come here Jonas.. thank you so much you are great help”
Sedih tapi saya harus bergerak terus, perjalanan saya masih panjang…!!
Setelah urusan pamitan selesai saya langsung mencari bus tujuan Hoi an
Saya sudah tau harga public bus ke Hoi an itu hanya 20 vnd bengitu ketemu langsung naik dan meluncur ke kota Hoi an…
Bus tujuan Hoin itu gampang2 susah karna memiliki kode sendiri tapi tenang tinggal cari halte bus terdekat dan tunggu busnya. perhatikan kode busnya kalau bingung tinggal bertanya ke orang lokal, tunggu bus tujuan hoi an dimana, perhatikan tulisan di depan bus ada tertulis Da nang-Hoi an.
Ketemu haltenya sekitar 10 menit busnya lewat langsung lompat naik karna busnya tidak bisa parkir lama jadi mesti gesit..ditengah perjalanan kondekturnya minta bayar dan saya kasih uang 50 vnd dan kembaliannya sisah 20 vnd saya jadi kanget melongo siap protes tapi mungkin dia tau akhirnya dia menunjuk ke arah backpack saya katanya itu bayar 10 vnd duhhhh….mau ketawa ngakak rasanya….hahaha
Saya cuma bisa tahaan ketawa…sambil mangut2 ohh ok..
Ahhh sudahlah toh 30 vnd saja.
Sekitar jam 2 siang tiba di hoi an
Hostel saya kebetulan di depan terminal pemberhentian bus, jadi tidak perlu pusing, turun dari bus langsung menyebrang ke hostel langsung masuk dan check in ternyata bukan hostel tapi
Homestay paling mewah dalam perjalanan saya karna cukup murah cuman Rp75,000 dengan fasilitas yang lumayan bagus kamarnya adem bersih, ac,kamar mandi dalam,terasnya bagus,dapat breakfast gratis terus disediain sepeda beughhh ajib bener…ini homestay.
Karna waktu saya tidak banyak di kota ini jadi saya maksimalkan.
Habis menyimpan,mandi dan langsung keluar sepedaan berkeliling kotanya kecil tidak padat kendaraan jadi menggunakan sepeda memang sangat cocok di kota ini.

Makanan juga cukup murah nah disini itu saya ketemu militari bank, tarik tunai untuk persediaan karna feenya sekali penarikan itu hanya Rp,23,000 dibanding bank lain itu Rp.50,000 sekali penarikan jadi ini sangat direkomendasikan.

Hari ke dua di Hoi an saya, jalan full seharian sampai malam karna besoknya saya langsung ke Hue
Hoi an itu paling bagus kalau malam
Saya sempatkan waktu berkunjung ke salah satu pantai terkenal di Hoi an
Dari pantai saya kembali ke kota berkeliling naik sepeda..
Mirip dengan kuta legian bali di Indonesia.
Kotanya sangat bersih,bangunan tua masih terawat dengan rapih dan bersih,kota ini paling cocok beli ole2 karna murah dan banyak pilihan.
Masuk Kategori tourist place tapi bagus banget saya suka kota ini.
Jadi jika kamu ke Da nang tempat ini wajib kamu kunjungi.

Thank you Hoi an..

Next story traveling to Hue ..