Traveling to Da nang Vietnam as Volunteer

Hari pertama tiba di kota da nang sudah melewati drama dinner…!
Keesokan harinya saya bangun lebih cepat, karna persiapan mencari lokasi tempat saya volunteer di kota da nang.
Setelah check persiapan uang saya, ternyata sisanya hanya cukup bayar hostel, harus mencari tempat penukaran mata uang vietnam.
sebelum check out saya keluar mencari money changer dulu, sudah hampir satu jam keliling tidak ketemu..dari ujung ke ujung duhhhh ribettt amat di kota ini.
Saya ingat pengalaman waktu saya ke ho chi minh city, cari money changer itu susah banget,jadi opsi ke dua cari bank lokal.
Kali ini saya cari bank lokal sayangnya masih kepagian, belum buka harus tunggu sampai jam 9 pagi.
Sambil menunggu bank buka,saya cari sarapan dulu.
di vietnam itu jam sarapan paling ramai di jalan, dari jam 6 sudah buka sampai jam 8 pagi.
jam 9 ke atas itu sudah sepi nanti sore sekitar jam 5 sampai jam 10 malam itu baru ramai kembali, makanan ada disetiap sudut kota.
Jadi ini penting kamu ingat saat traveling ke negara ini mesti bangun lebih awal.
Kecuali kalau nginap di hostel yang sudah included dengan breakfast tidak masalah.

Setelah selesai sarapan dengan sandwich ala vietnam dan kopi vietnam yang pahit itu,saya kembali ke bank,saya masuk dan tukar $40 tadinya mau tukar $60 tapi ratenya sangat rendah jadi saya tukar secukupnya saja.

Sebenarnya toko emas di vietnam itu menerima penukaran mata uang asing tapi ini saya tau setelah 3 hari di vietnam dan ratenya memang stabil.
Bisa juga tarik debit di atm tapi tidak semua bank sama chargenya,setiap bank itu beda,ada yang paling bagus itu tarik tunai di militari bank setiap penarikan hanya dikenakan fee Rp 23,000, itu yang paling bagus di vietnam.
mungkin kalau di Indonesia itu sama dengan bank BRI karna di kota2 kecil itu pasti ada.
Tidak ada pilihan lain tetap tukar di bank itu, karna hanya itu yang saya lihat pagi itu.
Setelah beres langsung kembali ke hostel, packing dan siap2 check out.
Menunggu jam check out saya browsing map lokasi alamat volunteer yang lumayan jauh sekitar 40 menit dari tempat saya.daripada ribet order grab mending
jalan kaki bisa ikuti gps.
Sekitar jam 11 saya check out dari hostel dan langsung pamitan berangkat menuju lokasi,memilih jalan kaki dengan cuaca yang panasnya luar biasa sangat menyebalkan hati tapi ini salah satu cara melihat kota itu dari dekat…bonus hemat hahaha…
Sebenarnya saya tidak terlalu suka dengan penggunaan gps karna kadang error jadi saya lebih senang menggunakan map secara manual, lebih akurat, biasanya gps saya gunakan saat sudah mendekati lokasi, belajar dari pengalaman itu cukup berhasil.. berjalan kaki di kota da nang dengan cuaca yang menyengat, percayalah hanya backpacker kere yang bisa seperti saya hahaha…langitnya cerah hampir tidak ada awan..membuat saya mandi keringat.

Berjalan kaki menyusuri kota da nang butuh waktu sekitar 1 jam jalan kaki, lumayan gempor… akhirnya ketemu tempatnya.
Saya masuk dan langsung ketemu managernya sekaligus host saya di hostel itu.
Setelah registrasi,saya di antar ke kamar ,lalu diperkenalkan dengan beberapa volunteers lain, ada sekitar 6 orang ditambah saya jadi semua ada 7 orang wow..banyak amat…tapi 2 orang dari mereka akan segera ke luar karna masa tugasnya sudah selesai dalam dua hari kedepan.
Setelah proses perkenalan selesai, saya di minta istirahaat, betis saya mau patah hampir seharian jalan kaki nyosor sana sini…giliran mau mandi
Ternyata towel saya ketinggalan di hostel sebelumnya..tidak mungkin saya kembali jauh banget. beruntung saya masih ada cadangan satu.
Hari pertama itu kita dibagi tugas jadi jadwal kita terima di hari pertama,jobnya di hostel itu menurut saya paling gampang, jadi tour leader.

Di hari ke dua dapat job itu host minta saya sebagi tour leader lumayan kanget karna belum paham spot2 mana yang menarik di dalam kota da nang…tapi saya tidak sendirian ada teman volunteers lain yang beck up ,dan hanya beberapa spot saja durasinya juga tidak terlalu lama karna hanya dalam kota. intinya apa yang ada di kota itu…misalnya temple tertua dan salah satu khatedral di pusat kota itu kemudian beberapa bangunan tua yang bersejarah.

Job berikutnya Setiap pagi bantu prepare breakfast,kita juga dapat free breakfast,kemudian setiap malam semua volunteers wajib nongkrong di atas roof top temani turist backpackers ngobrol dan kita dapat jatah beer gratis.

Hostel itu punya program event kerjasama dengan beberapa club besar di Da nang dan itu setiap malam ada invitation dari club, untuk volunteers, itu dapat disc 70 % untuk setiap event misalnya, kita ke club atau ke pub ada undangan kesana untuk party nah, itu kita

bayarnya stengah saja, kalau tamu lain khan bayar full keren khan…
Urusan loundry,cleaning service dan reservasi , recepetionist, itu karywannya yang kerja karna hostel itu cukup besar ada 4 lantai jadi karywannya lumayan banyak.
Paling senang jadi volunteer di hostel ini
Benar2 santai dan kerjaan tidak banyak,dapat teman banyak dari berbagai negara, karna orientasi job utamanya itu adalah membuat turist backpacker itu senyaman mungkin.
Ini adalah negara ke tiga saya jadi volunteer, masing2 punya cerita dan pengalaman yang unik, cara kerja yang beda dan sejauh ini semua menyenangkan…sesama volunteers kita benar2 harus jadi team dan semua saling bantu perfect banget traveling dengan cara ini selain hemat budget karna kita tidak perlu bayar akomodasi, peluang kita memiliki banyak teman dan pengalaman cukup banyak dan bervariasi,mulai dari,cara kerja dinegara itu,belajar budaya dan kebiasaan orang2 dinegara itu, dan yang menyenangkan adalah tidak ada batasan semua harus nyaman, yang penting apapun job yang diberikan host kita selalu senang hati mengerjakannya.
Jadi volunteer di Da nang vietnam mungkin yang paling menyenangkan.
Setiap malam ikut party ke club dan dapat jatah minuman gratis ..hahaha…selain karna saya memang doyan ke club malam dan termasuk alcholic ngimna ngak beta saya pokoknya menyenangkan …benar2 perjalanan yang luar biasa.

Setiap malam ke pub dari ujung ke ujung di setiap sudut kota da nang pulang dini hari mabuk.. tapi ini yang paling saya suka di vietnam itu hiburannya super banyak.

Saya pasti merindukannya…

view dari atas roof top hostel
Suasana depan hostel Siap2 berangkat ke club
Keseruan di pub

Setiap malam kegiatan di hostel hang out party sampai pagi

Next story…
Setelah ini saya akan ke Hoi an salah satu kota tertua di vietnam…coming…soon