Jalur Darat Singapore -Kuala Lumpur

kuala lumpur menjadi destinasi berikutnya setelah menyelesaikan misi volunteering saya di singapore, lalu bagaimana saya melanjutkan perjalanan saya ke kuala lumpur malaysia, tentunya dengan budget murah jalur darat.

singapore-kuala lumpur bisa ditempu dengan jalur darat dengan estimasi 7-8 jam naik bus, untuk saya itu sangat dekat, mungkin karna saya sudah terbiasa dengan perjalanan jauh lewat darat, jadi ini tidak masalah.bahkan sebenarnya sangat dekat.Dan saya lebih suka melakukan perjalanan jauh lewat jalur darat karna selain murah ,banyak hal yang bisa kita lihat selama dalam perjalanan,memang membutuhkan waktu tapi disnilah sebenarnya seni traveling itu bukan destinasinya tapi warna warni dalam setiap perjalanan .Ada banyak hal kejadian yang terkadang terjadi diluar dari perencanaan,kadang menyenangkan kadang juga menyebalkan, menguras emosi tapi tidak terlalu masalah selama kita selalu mampu berpikir positif ,semua pasti ada hikmanya..

Ada banyak bus dari singapore untuk masuk ke malaysia, rute yang paling dekat itu ke johor,lalu ke melaka dan kuala lumpur.

harga sewa bus cukup variatif tergatung jenis bus dan rute yang harus dilalui,saat saya ke malaysia saya langsung ambil bus tujuan kuala lumpur berangkat pagi jam 7 pagi, saat itu dengan biaya $ 20 singapore.

untuk terminal atau bus station bisa langsung ke komplex golden mile,tempat ini khusus untuk bus rute kuala lumpur, pembelian ticketnya bisa langsung on the spot ,bisa juga langsung pesan lewat online, jadi bisa milih kursi harganya hampir sama.

disni juga banyak agent travel jual ticket jadi tidak usah kwatir kehabisan stock ticket, biasanya klo on the spot jauh lebih murah hanya resikonya jam keberangkatan tidak pasti, jadi untuk kamu yang jadwalnya singkat dan limited edition, dan buruh waktu ada baiknya pesan ticket lewat online biar tidak miss di waktu tinggal tanya mba google.

disekitaran kompleks golden mile ada banyak resto murah untuk sarapan,pagi2 sudah ada yang jualan, untuk yang berangkat,cukup murah untuk ukuran singapore, kisaran lima $ 3- $5 ini sudah cukup murah untuk singapore hahaha…

lokasinya sangat strategis menurut saya, ada banyak tempat untuk rilex ngopi sambil menunggu keberangkatan ke tujuan masing2…ini untuk yang spare waktu ya..!

bus saya berangkat jam 7 pagi jadi dari hostel itu saya berangkat jam 6 pagi dan jalan kaki lho…hahaha ngeles olaraga pada hal hemat super.

karna hostel tempat saya volunteering itu di sekitaran clark quy lumayan jauh lho hampir sejam saya jalan kaki menuju kompleks golden mile.

tapi tenang di singapore itu jalan kaki tidak aneh bahkan menyenangkan lagian siapa yang perhatikan wong semua orang di singapore itu orang lebih banyak suka jalan kaki karna aman dan bersih dan sudah jadi habit karna orang di singapore itu tertib dan teratur.

saya sudah perkiraan waktu, saya akan tiba di golden mile itu tepat waktu meskipun lumayan ngos2san mandi keringat hahaha…

sampai di golden mile saya langsung menuju ke agen travel ticket konfirmasi ulang bus keberangkatan ke ke kuala lumpur saya sebelumnya, saya memang sudah beli sehari sebelum keberangkatan saya ke kuala lumpur. pada saat datang mencari lokasinya,makanya saya tau estimasi waktu yang saya butuhkan itu dari hostel.

untuk yang suka traveling dengan jalur darat,ini hal paling krusial banget pastikan ticket itu ada sebelum keberangkatan, tidak lucu khan kalau kehabisan ticket terus mundurin jadwal lagi, khan biaya lagi, mau tidak mau extend ini trick hemat waktu dan budget.

benar saja, sewaktu saya datang busnya sudah di parkir siap berangkat,tidak pake lama langsung naik 10 menit kemudian bus berangkat menuju kuala lumpur.

legah rasanya meskipun keringatan tapi busnya adem karna semua bus sudah suspensi jadi lumayan.

meninggalkan singapore itu rasanya tidak bisa saya gambarkan dengan kata2…tinggal di salah satu negara super mahal di asia selama 18 hari itu ada banyak kenangan manis dan pahit rasanya nano2…hahahaha

tapi satu hal “i am proud of that finally i made it” cukup menyimpan banyak memory,bagaimana tidak drama di introgasi di airport changi,lalu nyasar ketemu orang baik dibayarin grab diantar sampai tujuan lalu tinggal di host yang sangat baik hati , bertemu banyak teman dari berbagai negara,lalu akrab hang out bareng dengan keseruan setiap jam lima sore berlari mencari seven11 ,berburuh happy hours discount 50% al items guys….hahaha,berjalan kaki,keliling singapore,lalu belajar naik Mrt dan semua itu menyenangkan hati.

kisah pahitnya selama tinggal di singapore makan apa adanya saking mahalnya makan disingaore dan tidak belanja apa2…ngenes banget khan..hikz..hikz.

saat keluar dari singapore seperti biasa check passport di boarder dan itu lumayan lama karna antri yang mengular,setelah passport di stamp out kembali lagi ke bus dan lanjutkan perjalanan masuk ke wilayah malaysia dengan prosedur yang sama kita di minta turun lagi dari bus,bongkar barang bawaan inilah reportnya jalur darat jadi pastikan jangan terlalu banyak bawah barang kalau lewat jalur darat rempong pokoknya. Jalur darat dari singapore dan lewat imigrasi malaysia tidak terlalu ribet, tidak banyak pertanyaan.

intinya asal kita selalu tenang jangan lupa senyum bahagia meskipun dag dig dug hati was2 ditolak itu sakitnya nyesakk amit2…jangan sampai ya bro and sist…parahh banget jika itu terjadi tenang izin permit tetap sama 30 hari jangan lewat ya.

sebenarnya masuk ke malayasia cenderung lebih aman lewat darat dibanding masuk ke singapore percayalah hanya 70% kemungkinan bisa lolos .

Random check lewat darat masuk ke singapore itu sangat ketat,pastikan dokumen lengkap dan yang paling penting ticket keluar dari negara itu.

Ada pengalaman konyol saat di check di boarder malaysia saking lincahnya saya lupa ambil backpack di bagasi langsung nyolonong aja masuk giliran sampai di depan saya ditanya barang bawaan mana? baru nyadar masih dibagasi balik lagi ke ke bus hahaha..

Tapi so far perjalanan masuk malaysia lumayan lancar untuk pertama kalinya paling tidak lolos itu sudah sesuatu banget buat backpacker kere kayak gue…tidak seperti masuk disingapore ditanya dari A-Z..untung lolos.

Setelah proses di boarder semua selesai saya kembali ke bus dan melanjutkan perjalanan,legah pokoknya mendadak jadi lapar melewati 2 imigrasi itu lumayan menguras pikiran selalu ada perasaan was2…

Sekitar jam 1 bus mampir istirahaat untuk lunch saya, bingung karna tidak punya uang ringgit sama sekali ngimana mau beli makanan, karna plan saya nanti tiba di kuala kumpur baru tarik uang dari atm,

Dengan lemas turun dari bus,periksa dompet ketemu ada pecahaan dollar singapore masih ada $20 ternyata ditempat itu bisa tukar ke ringgit, thank gods saya tukar recehan $20 ternyata hasilnya lumayan bisa beli rokok dan beli nasi lemak,beli air minum wow…ceria akhirnya bahagia hidup lagi hahaha.

Waktu istirahaat hanya 30 menit setelah itu kembali ke bus setelah penumpang naik semua bus berangka.

Sekitar jam 3 sore bus sudah masuk ke kuala lumpur,check di gps benar sudah di di kuala lumpur nahh mulai bingung mau turun dimana ?? Saya ditanya juga bingung tempat saya volunteering itu di KL center jadi kondeknya minta turun di berjaya squere saja nanti naik monorail ke KL central.

Saya ceck posisi saya dekat dengan jln pudu berarti sudah benar ini sudah kompleks bukit bintang yang terkenal itu.

Welcome to kuala lumpur…berasa anak hilang bingung mau ngapain check jadwal saya ternyata saya besok baru mulai volunteering, artinya harus cari hostel untuk satu malam.

Daripada pusing mikirin saya cari kafe nongki, kebetulan di sekitar situ banyak tempat bisa santai rilex, duduk sambil mengamati orang lalu lalang…

Mendadak ingat jakarta haha

Hampir sama saja dijakarta ahhh sudalah..otak-tatik aplikasi booking.com cari hostel murah meriah, sejauh ini aplikasi ini yang saya gunakan dan sangat recommended bisa monitoring hostel, low budget, cocok untuk budget untuk backpaker, dan pilihan sangat banyak.

lagi asik2nya melamun tiba2 hujan deras….datang waduhhh…mampus terpaksa nyari emperan rukoh berteduh percayalah sore itu benar2 seperti terdampar. clengak-clenguk mojok mirip gembel pokoknya, sendirian saking derasnya hujan saya sampai basah, putar otak sepertinya harus cari hostel yang yg paling dekat,cek di booking com benar ada yang cocok 18 RM, lumayan murah yang penting ada buat tidur satu malam besok baru lanjut ke Kl central lokasi dimana saya akan volunteering.

karna hujannya tidak berenti terpaksa order grab lagi harusnya bisa jalan kaki ke hostel itu tapi karna hujan terpaksa nombok bayar 7 Rm tidak ada dalam daftar budget tapi daripada kedinginan .

sekitar 10 menit kemudian saya di jemput, pura2 tau aja sok sudah sering ke KL haha..syukurlah orangnya ramah.

sampai di alamat hostel,saya turun dan bayar langsung masuk check in ke hostel legah akhirnya aman…..finally beneran sudah di kuala lumpur…setidaknya perjuangan saya sampai di ibukota malaysia Aman…

Tunggu kisah selanjutnya…….ini baru tahap awal petualangan saya di negeri jiran…!!