Budget Volunteering Di Singapore ( Part 4)



Pasti ada yang bertanya….!!

Apakah selama volunteering itu  kita tidak punya banyak waktu jalan2 dinegara itu, mengingat kita terikat dengan host?

Bagaimana kita membagi waktu antara kerja dan jalan-jalan

Jelas banyak waktu bahkan kadang2  jauh lebih santai , kita tidak perlu dikejar2 waktu, lebih banyak mengikuti mood dan lebih banyak waktu untuk bersantai. Kadang-kadang  hanya keluar cari makan dan pulang ke hostel istirahaat dan kalau ada teman di hostel  bisa hang out bareng.

Saya termasuk orang yang sangat menikmati setiap moment perjalanan…bukan jenis traveler pemburuh spot2 terkenal seantero dunia.

Bagi saya “Traveling itu bukan destinasinya tapi apa yang kita temukan dan alamih selama dalam perjalanan kita.

Menyenangkan atau tidak menyenangkan, kita yang menjalaninya tapi pasti semua orang maunya have fun and happy .Tidak ada orang yang menginginkan hal buruk, tetapi kondisi seperti itu diluar batas kemampuan kita, kadang-kadang dalam perjalanan jauh dari realita yang kita bayangkan karna itu kita harus selalu harus siap dengan kemungkinan itu.

Penerimaan kita sangat penting dengan situasi yang terkadang tidak menyenangkan itulah konsekwensinya.

Diperlukan  Keseimbangan antara berpikir positive dan negative itu penting supaya kita tidak menyesal dengan setiap pilihan yang kita jalani selama dalam perjalanan ke suatu tempat.

Dengan System kerjanya  part time di hostel durasinya kerjanya dalam sehari itu hanya 4 jam dan dibagi 3 shiff terserah mau kerja di shiff pagi,sore atau malam ..dan jam kerjanya sangat  konsisten selesai atau tidak selesai pekerjaan saat itu harus ditinggalkan  dan dilanjutkan shiff berikutnya.

Tapi di sarankan menyelesaikan tanggung jawab karna ini sangat berhubungan dengan review kita dari host nantinya dan itu sangat berpengaruh karna akan muncul di profil kita.

Jika di singapore kita bisa mengatur waktu dengan baik berbeda dengan hidup di jakarta kita yang diatur sama waktu benar atau salah?

Disingapore tidak ada namanya macet sedangkan di Jakarta bukan Jakarta namanya  kalau tidak macet. “ Yes 100% true .

 Pengalaman Selama  volunteer disingapore waktu sangat cepat berjalan , dengan durasi kerja  hanya 4 jam dalam sehari  setelah itu ada banyak  aktivitas lain yang bisa dilakukan.

Karna menjadi seorang volunteer itu  kita tidak perlu memikirkan biaya akomodasi dan sarapan, ini hampir semua jenis volunteering menggunakan system ini, sedangkan untuk makan berat tergantung dari host-nya  artinya sisa  yang dipikirkan adalah  biaya untuk makan dan transportasi selama kita tinggal dinegara itu.

Keuntungan lain dari  menjadi seorang  volunteer  adalah dengan tinggal bersama orang local kita bisa explore Negara itu lebih banyak, dengan hemat budget karna  informasi yang kita dapatkan akan lebih banyak, terutama dari segi transportasi umum.

Membagi waktu antara kerja dan jalan2 dinegara dimana kita volunteer itu sebenarnya tidak terlalu sulit karna volunteer itu jadwalnya bisa flexsible, bisa disesuaikan dengan kondisi.

 Ketika kita Menjadi seorang volunteer ,tidak hanya belajar bekerja di luar negeri tapi bisa langsung merasakan ritme kehidupan di Negara itu sendiri , belajar budaya baru ,dan bahasa yang mungkin sama sekali kita tidak mengerti itulah tantangannya.

Volunteering di Negara maju seperti Singapore punya tantangan tersendiri,negara yang cukup  teratur ,rapih, bersih, dan hidup dengan teknologi yang serba modern. Mungkin sebagian orang  sulit.

 Tapi sebenarnya inilah moment  kesempatan membuktikan diri anggaplah sebagai sebuah  parameter  untuk diri sendiri,apakah kita mampu menyelesaikan setiap tanggung jawab  dan melewati setiap tantangan yang ditawarkan host ke kita ,Bagaimana kita belajar beradaptasi dengan lingkungan seperti itu.

Karna  semua harus dikerjakan dengan waktu yang tepat , dan tidak mengenal kompromi .kebiasaan menunda sangat tidak berlaku dinegara itu, deadline dalam menyelesaikan Pekerjaan hari ini harus selesai saat itu juga.

Lalu bagaimana dengan biaya hidup  salama  18  hari menjalani volunteering disingapore menurut versi  saya sudah cukup hemat.

Berikut rinciannya:

 Untuk biaya sehari-hari  sebenarnya tidak terlalu banyak tapi paling banyak dikebutuhan Rokok soalnya saya perokok aktif dan rokok di Singapore mahal pake banget…!!

Jakarta –singapore  tgl 28-02/2018 cash bawah  $.50

Di Singapore tarik tunai atm bca 2 X $ . 100

Penarikan tunai ke 2  atm mandiri 2 X $.100

Total $.250 =Rp.2.623.000

Biaya tarik tunai atm bca –mandiri 25.000 X 4 = 100.000

Rincian transportasi Mrt Holland village-  botani garden-sentosa-marina bay sands $.10.60 = Rp.112.000

Biaya Range makan  a day $.3- $.4 X 17 hari  = Rp.1.712.000

Rokok  5 pcs  = $.56 =Rp.587.000

Sim card = $.20

Bus Singapore-kuala lumpur $.20 =Rp. 210.000

Free accommodation a day range $.22 X 18 days = $. 396  = Rp.4.108.000 ( save money)

Tips  supaya bisa survive  backpackeran kesingapore ala volunteer:

-Kurangi jam keluar, kenapa karna di luar banyak godaan..hahaha

-pergilah ketempat2 yang menurut kamu wajib kamu datangi .

-Membeli sesuatu pastikan sesuai  kebutuhan.

-Carilah makanan yang terjangkau harga kantong  survey yang paling murah di kisaran $ 2.60 upt $ 3.60     tentu dengan porsi yang sederhana yang terpenting bisa bikin perut kenyang.

-Untuk perokok kurangi merokok karna super mahal satu bungkus rokok bisa makan  4 kali lho..lumayan khan hehehe..

-Jangan ikut2tan  Gaya travaling  setiap orang beda2 .

-Kuatkan fisik termasuk jalan kaki ini paling membantu dengan bantuan gps kamu bisa perkirakan estimasi waktu yang kamu perlukan untuk sampai ditempat tujuan.

-Untuk  yang tidak punya banyak waktu lebih baik menggunakan MRT tapi jika  ingin melihat kota Singapore lebih jelas naik Bus lebih bagus dan murah tentunya  atau jalan kaki jika kuat jalan kaki gratis.

Pengalaman jalan kaki disingapore itu menyenangkan apalagi kalau ada teman jalan….seru pastinya!

Berikut dokumentasi saya selama volunteering disingapore ada banyak keseruan hampir semuanya berjalan sesuai rencana:Universal studio

Nonton bareng

Hang out bareng sama teman2 cs dari beberapa negara
Botani garden
Orchad street
Lightshow

Bagaimana dengan volunteering di kuala lumpur ….

Yang ini lebih banyak konyolnya soalnya baru pertama kali menginjakkan kaki ke kuala lumpur dan  host saya orang Indihe…hahaha