Bertahaan Hidup 16 Hari Dengan Uang 35 Usd Di Katmandu Nepal (Part 29 )

Melanjutkan perjalanan kembali ke katmandu,meskipun badan saya sudah mulai terasa sakit semua,betis ngilu, dan rasa sakit ditelapak kaki ,bekas goresan jatuh di poon hill nyut2..,belum lagi ngantuk sangat saya paksain harus bangun berkemas packing ,Karna bus berangkat pagi jadi ke bus park jam 5 subuh,menembus udara dingin, dari lakaside saya jalan kaki tertatih2..luka di kaki saya sepertinya semakin parah.
Sebenarnya banyak taxi disetiap sudut kota pokhara diparkir dipinggir jalan menunggu penumpang tapi apala daya, demi irit lagi dan lagi saya terus berhitung, jika saya masih mampu jalan kaki “why not.
Jarak dari hostel saya ke bus park itu tidak terlalu jauh, hanya butuh 45 menit jalan kaki.
Suhu udara yang cukup menusuk tulang belulang.
Sepanjang jalan berharap ada yang jual sesuatu untuk mengisih perut. Sekitar 15 menit saya jalan kaki ketemu penjual,rupanya sudah ada yang buka semacam kios lebih cocoknya warung kopi untuk supir taxi soalnya yang nongkrong disitu supir taxi semua.
Saya mampir pesan secangkir teh.
Trik kali ini saya memilih banyak diam saat membeli sesuatu sebelum membayar pura2 lirik kiri kanan dulu pasang senyum anguk kiri atau kanan kelamaan di India hahaha..
Kenapa ?untuk menghindari harga tourist saya harus memastikan apa yang saya minum sama harganya dengan orang lokal.
Saya harus memanfaatkan wajah manis saya, yang menurut orang2 di nepal dari pertama saya menginjakkan kaki di nepal 90 % mirip nepali people,tinggal 10% kurang di bahasa saja haha…
Cara ini salah satu trik survive saat kondisi keuangan sekarat,selesai saya bayar 10 rupee dan melanjutkan perjalanan, sampai di bus park sudah jam 6 masih sepi.
Di bus park ini sudah banyak bus yang di parkir dengan berbagai tujuan yang berbeda, paling banyak itu bus tujuan kathmandu.
Makin lama makin ramai hampir penumpangnya 80 % bule dari berbagai negara.
Jam 7 bus saya sudah berangkat menuju ibu kota nepal.
Estimasi tiba sore di kathmandu.
kali ini saya tidak mungkin nyasar lagi karna sudah paham kota kathmandu.
Bengitu masuk di Ibu kota saya langsung aktifkan gps searching lokasi yang paling dekat dari hostel saya di area thamel.
Setelah saya lihat map gps sudah dekat saya minta turun.
Dari lokasi 25 menit jalan kaki sampai di hostel.
Seperti kembali ke rumah wajah ramah dan senyum menyambut saya di hostel .
Saya sangat nyaman di hostel itu “one of best hostel sepanjang trip saya,owner dan pegawainya sangat ramah, mereka sangat senang melihat saya kembali dari annapurna.
Sebenarnya saya bebas memilih kamar..tapi saya tetap kembali ke kamar yang sama.
Di hostel inilah saya tinggal kurang lebih 18 hari menunggu penerbangan saya balik ke Indonesia.
Satu minggu hanya makan dan tidur
Istirahaat total memulihkan tenaga.
Minggu terakhir ,saya baru mulai keliling kota katmandu.
Lebih banyak jalan kaki, dari ujung ke ujung ,dari pagi saya keluar sampai malam baru kembali hostel.
Roti,telur, dan buah2han saya sudah stock di kamar.
Saya sangat beruntung karna di hostel,ini saya bisa masak nuddles bikin kopi ,mencuci semuanya
Seperti di rumah sendiri.
Dengan sisa Uang 35 usd yang saya sudah tukar masih dapat 4,200 rupee.
Beruntung sebelum berangkat ke pokhara
Sewa kamar dihostel memang saya sudah deposit 5,000 rupee dan saya masih ada sisa dari abc sekitar 3000 rupee jadi waktu saya kembali saya langsung bayar sisanya 2,500 rupee.
Untuk bayar hostel per malam itu 500 rupee.

Kebiasaan saya uang Dollar memang hanya saya tukar untuk hal-hal yang urgent.
Setiap hari pengeluaran saya itu rata-rata 60-80 rupee.
tidak lebih dari Rp.10.000
Kadang sama sekali tidak ada pengeluaran kalau saya tidak keluar dari hostel.
Kemana-mana selalu bawah air isi ulang dari hostel,jadi hampir tidak pernah beli air di luar.
Untuk belanja kebutuhan saya ke supermarket yang besar lebih murah,untuk buah2han, saya langsung ke pasar nyari hahaha….
Roti bakar isi 12 itu murah hanya 15 rupee bisa 3 hari, beli salai nenas 35 rupee bisa 4 hari.
Untuk buah apple 1 kg isi 12 pcs 60 rupee,pisang 1 sisir 50 rupee,telur ayam1 kg 12 butir 40 rupee.
Untuk nuddles itu ada yang harga 7-10 rupee.
Satu minggu 2 kali belanja kisaran 400 rupee untuk kebutuhan satu minggu.
Perhitungan saya sangat ketat di minggu pertama.
Prinsip saya lebih baik menderita di awal daripada belakangan.
Totally 7 hari itu hanya hidup dari nuddles, roti dan bua2han…minggu pertama hanya habis 560 rupee.
Masuk ke minggu terakhir budget kebutuhan saya tambah,1,000 rupee
Masih ada 2,200 rupee untuk jalan2 ..
Untuk Cadangan 540 rupee.
Saya sudah tau bus ke airport itu. cuman 25 rupee jadi saya ngak kuatir.
Minggu terakhir di katmandu saya masi sempatkan waktu mengunjungi beberapa kuil yang sangat terkenal di katmandu, termasuk salah satunya pusat tempat kremasi terbesar di nepal, Pashupatinath,
Kuil Swayambunath, disebut juga Monkey Temple karena banyak monyet liar di area kuil.
Dari kuil ini kita bisa melihat kota Kathmandu dari berbagai arah,durban square dan lain2…

Bagaimana ceritanya tunggu di seri berikutnya.
Part 30
Menitipkan air mata untuk kesekian kalinya….šŸ˜­