Solo Trekking Empat Hari Ke Goddess Of The Sky”Annapurna Base Camp Nepal (Part 27)

Setelah drama atm terblokir saya cukup lama duduk dipinggir danau phewa, berpikir merenung sendirian, orang lalu lalang tidak saya hiraukan pikiran saya kacau balau..
Pandangan terasa kosong, pikiran melayag, bingung entah apa yang harus saya lakukan?
Banyak hal yang terlintas di benak saya ,semuanya mengambang tidak ada yang jelas.
rasanya ingin teriak melepaskan kekesalan di hati.
Danau phewa jadi saksi bisu kekalutan hati saya saat itu.
hanya bisa terdiam,tapi otak saya terus berusaha berpikir jernih ?
Bimbang dan ragu campur aduk menjadi satu.
Haruskah saya kembali ke katmandu? “Tidak..
Hati kecil saya tidak iklas kembali secepat itu.
Saya tidak mungkin mundur,
Permit sudah ditangan, sejenak saya melayangkan pandangan saya ke puncak gunung everest yang sudah terlihat dari pokhara.
Gundukan salju di atas sana sudah sangat dekat seakan memanggil saya ‘you are so close to me..
Saya harus berangkat kesana.
Trekking ini tidak boleh gagal bengitulah saya menyemangati diri saya sendiri.
Senja sudah semakin sore saya baru tersadar ternyata sudah hampir jam 6 sore , meski berat rasanya melangkah
Saya harus bisa melewati ini, pasti ada solusinya.
Dalam perjalanan kembali ke hostel saya masih mampir di pub pesan alkohol,menghangatkan badan, jacket tebal tidak mampu menahaan hawa dingin yang luar biasa ,saya tidak merasa lapar sama sekali .
Setelah singgah di pub saya memesan vodka satu botol dan satu botol beer lokal.
Saya minum sendirian ,tidak perduli dengan orang yang teriak dengan lagu yang tidak jelas sepertinya mereka mabuk.
Setelah pikiran saya mulai normal, saya bayar bill saya lalu meninggalkan pub itu yang semakin ramai pengunjung.
Lalu kembali menuju hostel .
Setelah tiba di hostel saya mandi lalu mulai menghitung semua estimasi biaya yang akan saya gunakan selama dalam perjalanan.
Karna saya sama sekali tidak tau seperti apa jalurnya nanti.
Jadi gambarannya adalah dari buku panduan 8-10 hari.
Estimasi per hari 1500 up to 2000
Saya harus tekan ke angka 1,500 rupee perhari.1,500 × 8 =15,000
Sisa uang cash 6000 rupee .
saya harus tukar 60 usd sisa 50 usd bekal setelah kembali dari annapurna.
Total uang cash saya bawah 13,000 rupee.
Saya masih kurang 2000 rupee.
Tapi saya optimis angka ini cukup.
Setelah semua beres saya packing saya harus berangkat besok pagi ke baglung park bus ngejar bus pertama.
Semalaman saya ngak bisa tidur berusaha tenangkan pikiran
Apapun yang terjadi saya siap.
Saya pasti bisa melalui ini.
Setelah pagi saya berkemas saya ke pamitan ke yang punya hostel kebetulan masih ada uang sisa saya 300 rupee karna sebelumnya saya sudah bayar 500 rupee karna harga sewa kamar itu 200 rupee.
Saya memang menginfokan bahwa akan tinggal 2 -3 hari
Tapi karna rencana saya berubah jadi saya harus berangkat trekking secepatnya mengingat kondisi keuangan saya bermasalah.
Jadi niat saya meminta sisa uang saya yang masih ada 300 rupee lumayan buat beli air di jalan,
Tapi respon yang saya dapat sangat mengecewakan
Saya sangat sopan dengan bahasa yang memelas
“Excuse me i am so sorry i have to leaving now because i change my plan, i will go to annapurna trekking today”
Please return to my money 300 rupee
Dan jawabannya adalah..
“No you told me you will stay 2 days here.
Yeah i know but i change my plan
Lalu dia bilang bilang i will not return your money.
My god….saya tetap tenang dan tidak marah
Saya cuman bilang” ok take my money.
Sedih iya,kecewa apa lagi.
Tapi entahlah pagi itu saya lebih banyak tenang, sabarnya di luar batas dari biasanya
Sabarr banget pokoknya.
Mungkin karna
Saya ingin melakukan perjalanan jauh jadi
Saya tidak ingin keadaan ini merusak mood saya.
Saya ingin pergi dengan hati yang damai.
Saya memaafkan ini lalu saya pergi meninggalkan hostel itu dengan hati yang iklas menuju jalan besar
Sampai di jalan besar mencari taxi ke baglung park bus
Setelah proses tawar menawar saya harus bayar 400 rupee.
Sampai di baglung park bus sudah banyak bus dan jeep menunggu penumpang yang siap berangkat ke nayapul.
Saya turun dan mencari bus tujuan nayapul.
Mungkin karna wajah saya mirip orang nepal jadi waktu saya
Tanya “nayapul saya naik bus dan bayar 500 rupee, supirnya balikin 300 rupee artinya saya ikut harga lokal intuk tourist itu 300 rupee.

“Nasib baik dari kesabaran..
Sekitar 15 menit bus berangkat di bus banyak tourist rata2 mereka grup dan punya guide pemandu.
Satu2nya solo trekker saya di bus itu.
Perjalanan sekitar 2 jam tiba di nayapul turun, dari bus langsung menuju post check permit.
dari sini mulai jalan kaki menuju ulleri..

Perjalanan panjang di mulai di
Point start nayapul tiba di ulleri jam 6 sore, jalur ini lumayan berat karna hampir tanjakan semua naik ke atas, saya harus bermalam ulleri karna sudah sore,saya butuh istirahaat.
Hostel disini satu malam 200 rupee,
Saya hanya pesan indomie dan secangkir teh hangat.
Hostelnya sangat bersih dan view dari hostel ini bagus banget.
Total pengeluaran untuk hari pertama:
1,770 rupee =Rp.232,000.

S

Setelah hari ke dua saya bangun lebih awal masih sempat mandi ,saya harus cepat lebih awal karna menghindari sengatan matahari
Hanya beli air isi ulang 100 rupee di hostel

Di pertengahaan jalan saya mampir beli apple buah satu biji harganya 100 rupee.

Apple inilah yang sekaligus jadi makanan siang saya..sampai di tadapani.

Sebelum sampai di poon hill saya mampir sarapan indomie lagi soalnya hanya itu yang murah 150 rupee.
Setelah kenyang, saya melanjutkan perjalanan
Jalur ulleri dn poon hill itu tidak terlalu banyak tanjakan cenderung adem karna melewati banyak hutan kecil.
saya hampir salah jalur, bingung, banyak jalan kecil bercabang kiri kanan hutan dan sepi banget lumayan jauh dari perkampungan.
Tiba -tiba ada anjing muncul, pikir saya mungkin ada tuanya.
Anjing itu cuman diam melihat saya
awalnya kanget sempat was2 ini klo anjing liar mampus saya, tapi anjingnya jinak,saya cuman berdiri dia juga memandang ke arah saya, biasanya anjing menggonggong kalau ketemu orang baru, atau lari yang ini tidak.
Setelah itu dia mutar arah saya ikut dari belakang, dan anjing itulah yang membawa saya kembali ke jalur utama,saya berenti istirahaat dia juga menunggu saya.
Akhirnya jadilah kami teman jalan..setelah sampai di pintu gerbang poon hill

saya sibuk ambil gambar,saya cari anjing itu sudah menghilang.
Mungkin dia sudah tau saya sudah aman.
Saya sudah sampai di pemungkiman penduduk “good dog
Hampir 2 jam saya jalan sama anjing itu.
Di poon hill, saya harus melapor lagi check permit di check point dan setelah selesai di stempel.
Dari sini saya mencari informasi apakah saya masih bisa melanjutkan perjalanan ke tadapani.
Petugasnya bilang estimasi perjalanan bisa 6 jam tergantung fisik kamu, saya lihat jam baru jam 1 siang perkiraan
Saya masih punya banyak waktu.
Saya beli air minum isi ulang 100 rupee dan pamit melanjutkan perjalanan ke tadapani.
Jalur antara poon hill dan tadapani itu lumayan berat karna naik turun melintasi jalan setapak dan curam.
Jalur ini banyak mistisnya kenapa karna saya setiap kali melewati lembah di setiap sungai2 kecil pasti banyak batu di susun2 kecil, belakangan saya tau klo itu adalah seni menyusun batu.
Ngimana ngak mistis ditempat yang sepi…dan pemandangan yang pertama kali buat saya,penasaran
Berharap ketemu yang sementara menyusun batu2 itu apakah masih manusia atau setengah manusia..
Tapi selama perjalanan ngak pernah ketemu.
Saking isengnya saat lewat,saya coba lempar, setelah itu ambil kekuatan penuh lari sekencang2nya seperti diburu macam tutul dan apa yang terjadi kaki saya kesandung batu keseimbang saya tidak kuat,akhirnya jungkir balik beruntung backpack saya tersangkut jadi selamat.

Hanya bisa meringis kesakitan ngomel sendirian ” kwalat haha..
Saya belum sadar ada goresan di betis saat itu, mungkin karna masih keram jadi sakitnya tidak berasa.

Sekitar jam 7 malam saya tiba tadapani, cuaca yang berkabut dan udara yang cukup dingin mengharuskan saya istirahaat.
Target perjalanan saya kesampaian.
Meskipun sedikit melambat dari perkiraan saya karna medannya memang berat.
Di tadapani banyak tea house, penginapan disini kisaran 200 rupee dan untuk makanan lumayan mahal untuk noodle saja 350 rupee, semua sudah berbayar beli air panas 1 gelas 50 rupee, charge hp 100 rupee mandi air panas 100 rupee.
Saya mulai ekstra ketat pengeluaran di wilayah ini.
Total biaya pengeluaran hari ke dua:
1,800 rupee = Rp.236,000.

Dari tadapani saya melanjutkan perjalanan ke chomrong
Jalur ini lebih banyak penurunan lumayan bikin engsel kaki longgar..mesti ekstra hati2 jalan dan jalur ini butuh stick.
Karna saya ngak punya stick, kayu bakarpun jadi hahaha…
Gratiss
Jalur ini lebih gersang dan melewati banyak pemungkiman penduduk.
Lumayan aman..tapi panasnya terik matahari luar biasa menyengat belum lagi debu.
Di Jalur ini,saya banyak larinya selain karna mengejar waktu ke chombrong
Wilayah ini pintu masuk ke annapurna plan awal saya akan menginap di chombrong.
Tapi rupanya saya tiba lebih cepat dari perkiraan waktu.
Setelah check permit di post saya melanjutkan perjalanan
Saya cek di map masih cukup waktu terus ke bamboo .
Comrong sebenarnya tempat yang paling bagus untuk istirahaat
Disini lumayan murah dan pilihan makanan banyak.
Hostel juga banyak banget.
Dari sini puncak everest itu sudah sangat dekat.
Comrong pertemuan dari beberapa arah termasuk dari gandruk.
Banyak trekker memilih tempat ini sebagai tempat istirahaat karna viewnya bagus banget.

Jalur chhomrong dan bambo itu lebih banyak mendatar tapi sudah masuk kategori bebatuan dan curam jadi mesti ektra hati2 di jalur arah ke bamboo banyak jalur kanan melewati beberapa jurang.
Saya tiba di bambo sekitar jam 7 disini saya menginap satu malam.
Dari perkiraan besok saya harus sampai di annapurna base camp.
Setiap tiba di penginapan yang pertama saya check pasti map.

Total pengeluaran hari ke tiga:
1,510 rupee =Rp.184,000

Dari bamboo masih ada empat perhentian lagi tapi jaraknya tidak terlalu berjauhan.
Jalur ini mendaki terus sampai di annapurna base camp
Post terakhir.
Hari terakhir jalan saya sangat melambat energi saya banyak terkuras melewati tadapani dan chomromg karna medannya naik turun.
Dari bamboo saya berangkat ke dovan -himalaya -deureli dan MBC berangkat lebih awal dari biasanya.
Jalur ini lebih sering istirahaat saya mulai kelelahaan, sempat pesimis tapi mengingat keuangan saya semakin menipis saya harus sampai di annapurna.

Sekitar jam 6 saya sampai di post terakhir annapurna base camp.
Legah sekaligus bahagia rasa capek jadi sirnah seketika.
Terharu, rasanya tidak percaya sampai di puncak sore itu.
Sulit mengambarkan perasaan saya saat itu berasa, mimpi melihat langsung gundukan salju menutupi salah satu gunung tertinggi di dunia ada di depan mata,bahkan kaki saya benar2 menginjakkan kaki di atas gunung himalaya itu.
Rentetan drama yang menghantam saya, tidak membuat saya mundur, dan usaha saya tidak sia-sia mempertarukan semuanya.
Hari itu semua berubah menjadi sebuah pelajaran yang sangat berharga bahwa “tidak ada yang tidak mungkin ketika kita berusaha
“Don’t tell people your dream but show them “

Pengeluaran hari ke empat

Total pengeluaran di base camp: